Selamat Datang di BLOGGER saya

http://nr-fanyauliana.blogspot.com/

Sabtu, 07 Januari 2012

Jalan menuju Iman


Jalan menuju Iman
1.  Kebangkitan Manusia
Berbicara tentang kehidupan banyak yang tak paham maknanya. Tujuan hidup terbuang percuma seolah semuanya tak akan pernah berakhir. Allah yang Maha Melihat telah mengatur segalanya namun HambaNya acapkali lalai, khilaf dan penuh dengan kealpaan. Begitukah tanda-tanda mensyukuriNya?
KEBANGKITAN !! Sebenarnya manusia itu harus bangkit. Apa maknanya? Bangun dari lelapnya tidur. Menunggu sang mentari dan melihat matahari. Seseorang akan bangkit ketika ia mampu mengajak pikirannya untuk bangkit. Sebab pemikiranlah yang akan membentuk mafahim (persepsi) seseorang terhadap segala sesuatu. Berpikirlah tentang penciptaan langit dan bumi, penciptaan makhluk, dan hidup. Seseorang tidak akan pernah berubah apabila pikirannya tidak diajak untuk berubah.
Allah berfirman dalam surat Ar-ra’du ayat 11 yang artinya :
sesungguhnya Allah tidak akan pernah mengubah keadaan suatu kaum sebelum kaum itu sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka”
Satu-satunya cara untuk mengubah pemikiran seseorang adalah dengan membentuk suatu pemikiran tentang kehidupan dunia sehingga disini akan terbentuk suatu pemikiran yang benar. Cobalah bertanya pada diri sendiri tentang 3 pertanyaan mendasar ::
1.      Darimana aku berasal?
2.      Untuk apa aku hidup?
3.      Kemana aku setelah ini?
Ketiga pertanyaan itu menjadi tolok ukur kehidupan seseorang. Ketika ia mampu berfikir dengan baik sehingga terbentuk jawaban yang benar maka baiklah hidupnya. Namun bagaimana apabila sebaliknya? Sebagai contoh, ketika ditanya “darimana aku berasal?” yah ditanya ma anak TK pun tau kalo kita berasal dari TUHAN SEMESTA ALAM. :D hehehee.. Namun terdapat banyak perbedaan ketika diajukan pertanyaan “untuk apa kamu hidup?” Hmm... Macam2 nii jawabannya. Kalo ditanya ma tukang Mabok, “yah buat mabuk-mabukkan lah” Ditanya ma tukang dugem, “buat seneng-seneng” Ditanya ama orang Matre “Pastinya buat cari uang”.. Macem-macemlah jawabannya. Jawaban ini akan tergantung pada siapa yang DIAGUNGKAN, siapa yang DITUHANKAN !!
Ketika seseorang meng-HAMBA-kan dirinya dengan MATERI, maka materilah yang menjadi tujuannya, ketika KARIER menjadi tujuan hidupnya, maka segala cara ia lakukan untuk mendapatkan POPULARITAS. Lantas, benarkah dengan semua jawaban itu? Tentu tidak.
Hidup ini diciptakan bersamaan dengan aturannya. Manusia diciptakan bersama dengan segala kebutuhan hidupnya. Alam semesta dihamparkan dengan segala keindahannya. Untuk apa? Jelas dalam Al-Qur’an dikatakan bahwa Allah tidak menciptakan manusia, alam semesta dan hidup ini tidak lain hanya untuk beribadah kepadaNya. Silahkan bekerja !! Karena Khaliq juga ingin melihat ikhtiarmu. Silahkan kejar popularitas !! Toh Rasulullah bersabda :: “sesungguhnya untuk urusan duniamu hanya kamu yang tahu”.
Jawablah pertanyaan ketiga dan tanyakan pada hatimu tentang kebenarannya. ”kemana kita setelah ini?”. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 156 Allah berfirman yang artinya ::
“sesungguhnya kami berasal dari Rabb dan akan kembali kepadaNya”.
Ketika ketiga pertanyaan itu mampu dijawab dengan pemahaman yang baik, kita akan menyadari bahwa sebelum hidup ini, hidup ini, dan setelah hidup ini memiliki hubungan yang cukup erat.                                                                                                           
Ketiga unsur utama diatas (manusia, hidup, dan alam semesta) memiliki hubungan yang cukup erat dengan kehidupan ini. Terlihat bahwa sebelum kehidupan diciptakan hanya ada ALLAH ‘AZZA WA JALLA. Yang kemudian Allah berkehendak untuk menciptakan para Malaikat, Iblis, Jin, Syeithan dan kehidupan ini dengan cukup sempurna yakni dunia beserta isinya. Namun ingatlah, bahwa kehidupan ini fana, kekurangan, dan terbatas. Semua kefanaan, kekurangan, dan keterbatasan itu kemudian akan kembali pada kebaqa’an. Yakni Allah Azza Wa Jalla. Kesanalah tempat kembali sesungguhnya.
Dan ternyata landasan berpikir (al-qaidah al-fikriyah) secara menyeluruh ini akan dapat ditempuh dengan cara suatu pemikiran yang cemerlang (al-fikriyah al-mustanir) tentang kehidupan ini, hingga terbentuklah suatu aqidah. Ketiga pertanyaan dasar tadilah yang menjadi dasar setiap permasalahan yang kita hadapi didunia ini. Karena ketiga pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan pokok sehingga mampu menyelesaikan cabang-cabang masalah didunia ini. J
Sebagai contoh :: ketika seorang wanita ingin berkarier, sebenarnya Islam sudah memberi aturan-aturan tertentu untuk karier seorang wanita. Ketika ia akan memilih suatu pekerjaan, ia akan berfikir tentang asal mulanya diciptakan, “DARI ALLAH”, tujuang hidup didunia ini “BERIBADAH KEPADA ALLAH”,  dan kemana setelah ini “KEMBALI KEPADA ALLAH”. Maka  suatu aqidah terbentuk sehingga ia menyadari bahwa apapun yang ia lakukan didunia ini akan dimintai pertanggungjawabannya. Dan selanjutnya ia akan lebih berhati-hati dalam memilih pekerjaan (menempuh karier).
Islam telah menuntaskan segala macam problematika kehidupan manusia. Semua tercantum dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist. Dan setiap penyelesaian itu sesuai dengan fitrah, memuaskan akal, serta memberikan ketenangan jiwa. Islam dibangun atas dasar akidah. Oleh karenanya, seseorang yang memeluk Islam tidak hanya serta merta mengucap kalimat syahadat. Namun tergantung sepenuhnya pada pengakuan terhadap kalimat syahadat tersebut, yakni pengakuan yang benar-benar muncul dari akal. J Akidah menjelaskan bahwa dibalik alam semesta, manusia dan hidup terdapat Pencipta (Khaliq) yang telah menciptakan ketiganya, serta menciptakan segala isinya. Bahwasanya Pencipta telah menciptakan segala sesuatu dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Dialah Allah SWT. Ia bersifat wajibul wujud, wajib adanya. Ia bukan makhluk, karena sifatNya sebagai Pencipta memastikan bahwa diriNya bukan Makhluk. Ia juga bersifat mutlak adanya, karena segala sesuatu menyandarkan wujud atau eksistensinya kepada diriNya; sementara Ia tidak bersandar pada apapun.

2.  ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala
Begitu banyak pertentangan yang muncul, kemungkinan-kemungkinan yang diperdebatkan. Ntah untuk apa, kagak ada yang tahu :D. Dalam bukunya, La Tahzan (Dr.’Aidh Al-Qarni) dibuat satu judul yang sedikit menggelitik, “La Tahzan (jangan bersedih), sesungguhnya DENGKI itu sudah ada sejak dulu”. Kenapa begitu banyak orang-orang memperdebatkan tentang wujud Tuhan? Kenapa ada segolongan orang-orang yang tak segan menyimpulkan wujud Rabb? Padahal jelas dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa kita diciptakan dari sesuatu yang “hina” namun Rabb menciptakan dalam bentuk yang sempurna. Kebanyakan pertentangan antara Muslim vs Non Muslim muncul diakibatkan hanya ada satu masalah, “Tuhan Islam itu yang mana?” Kenapa harus dipertanyakan? Jangan heran kalau terkadang orang Muslim sendiri (ma’af) sering bertanya-tanya tentang wujud Rabb. Astaghfirullah.
Manusia sifatnya terbatas, karena ia tumbuh dan berkembang sampai waktu tertentu. Setiap manusia akan lanjut usia (kecuali kalau ntar di Syurga, dijamin ga bakalan tua. Rata-rata manusia berumur 17 tahun :D). Hidup juga terbatas, meskipun keterbatasannya tampak dari setiap individual (yakni ajal/kematian/die, dll :P). Alam semesta juga terbatas, mulai dari atom terkecil sampai benda terbesar sekalipun (masuk didalamnya matahari, bulan, planet-planet, gunung-gunung, apalagi yach?? Pokoknya yang besar-besar dech :D) juga punya batasan waktu tertentu. Himpunan segala sesuatu yang memiliki keterbatasan maka sifatnya pun terbatas. Maka dapat disimpulkan bahwa segala sesuatu yang ada didunia ini tidak Azali . Karena jika ia bersifat azali (tidak berawal dan berakhir), pasti tidak ada keterbatasan.
Maka hal-hal yang demikian sering muncul menjadi suatu pertanyaan yang sebenarnya sulit sekali untuk dijawab. Dalam beberapa fenomena yang terjadi beberapa tahun kebelakang, khususnya pasca Tsunami (Desember 2006) di Aceh, begitu banyak kontrovesi yang terjadi seputaran agama Islam. Kenapa harus umat Islam yang ditimpa bencana seperti itu? Kenapa yaa?? Coba tanya ... :) Oleh karenanya tak heran, begitu banyak umat Islam disaat keterpurukan seperti itu mudah tergoyahkan.
Jadi teringat cerita ketika saya SMP, sebagian besar teman saya adalah Non Muslim. Mereka sering tanya, “waktu orang islam shalat, apa yang diliat? Sujudnya buat siapa? Doanya sama siapa?”. Secara.. Waktu SMP ilmu masih pas-passan jadi ga beranii jawab dikitpun. Terkontaminasi banget dengan nasihat orang tua “hati-hati jawab pertanyaan orang non muslim kalo ditanya-tanya tentang Islam, sembarangan jawab, MURTAD lho... Iiihhh... mana mau !!” L Jadi setiap muncul pertanyaan tersebut dari teman, bawaannya nyengir ajja gaa jelas. Senyum-senyum maksa.. Koq bisa? Karena ketika pertanyaan yang sama kita balik tanya ke mereka, luar biasa!! Lancar macem air jawabnya. :D
Hal yang sama terulang kembali waktu masa-masa SMA. Teman Facebook dan Friendster yang non muslim mengajukan pertanyaan yang sama (Cuma kata-katanya ajja yang beda, lebii gimana gt :P). Nah... Pas banget kan ... Mulailah berdiskusi di dunia maya yang kurang lebih menghabiskan waktu 1,5 tahun. Dari sinilah muncul berbagai pendapat tentang keyakinan setiap orang beragama. Mengapa mereka bersikukuh dengan agamanya?? Padahal asal mula setiap agama tu sama, sama-sama mengajak kita untuk menyembah Allah SWT. Namun ketika masa kekhalifahan, Al-qur’an mulai diburamkan hingga muncullah agama yang sesat (keknya kalo cerita nii udda pada tau semua dech ... hehehe ). Ternyata dalam menentukan keberadaan Khaliq (Allah SWT) didapati 3 kemungkinan.
1.      Dia diciptakan oleh yang lain.  Mustahil banget yaa ..
Jelas bathil kemungkinan ini. Mengapa? Yaa ga mungkinlahh ... Bayangkan jika Allah diciptakan oleh yang lain, maka Allah memiliki keterbatasan yang sama dengan manusia. Terbatas sifatNya, ilmuNya, kehendakNya, kekuasaanNya. Karena ada yang menciptakan. Jadi mustahil jika yang diciptakan penuh dengan kesempurnaan (tanpa cela) daripada yang menciptakan.
Sebagai contoh :: seorang pembuat meja. Yang diciptakan (dihasilkan) adalah meja. Pembuat meja ini dapat menciptakan berbagai bentuk meja sekaligus dengan corak keindahannya. Akan tetapi kalo kita pikir, apakah si tukang pembuat meja ini sama dengan meja (yang dibuat)? Jelas tidak kan?? Misal yang buat meja Pak Anto. Kira2 Pak Anto mau ga yaa disamakan dengan meja? (yang namanya Anto jangan marah yaa... Cuma perumpamaan koq ) J Dan pastinya meja yang dibuat Pak Anto ada keterbatasannya. Yakni suatu saat pasti akan patah, lapuh, bahkan rusak. Kira2 demikian contohnya. :D
2.      Dia menciptakan dirinya Sendiri.
 Kalo Allah menciptakan diriNya sendiri maka disini Allah juga berperan sebagai Makhluk sekaligus Khaliq. Lucu yaa ?? :D Sesuatu yang bersifat terbatas –makhluk- harus berpadu dengan Maha Sempurna –Khaliq-, maka bathillah kemungkinan ini. Jadi maksudnya Allah menjadi Khaliq sekaligus Makhluk dalam waktu yang bersamaan. Sungguh! Hal yang salah.
3.      Dia bersifat azali dan wajibul wujud.
Siapa saja yang mempunyai akal akan mampu membuktikan –hanya dengan adanya benda-benda yang dapat diinderanya—bahwa dibalik benda-benda itu pasti terdapat Pencipta yang telah menciptakannya. Fakta menunjukkan bahwa semua benda itu bersifat terbatas, serba kurang, serba lemah, dan saling membutuhkan. Jadi untuk membuktikan adanya Allah SWT sebenarnya cukup dengan mengarahkan perhatian manusia terhadap benda-benda yang ada di alam semesta ini, fenomena hidup, dan diri manusia sendiri. Sehingga dengan mengamati hal-hal tersebut akan didapati bukti yang meyakinkan akan adanya ALLAH SWT.
Dalam surat Ali ‘Imran ayat 190, Allah berfirman yang artinya ::
sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda (ayat) bagi ORANG YANG BERAKAL”.
Surat Al-Baqarah ayat 164 ::
“sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang. Berlayarnya bahtera di laut yang membawa apa yang berguna bagi manusia. Dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Ia hidupkan bumi sesudah matinya (kering), lalu Ia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan. Dan pengisaran air dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi. Sesungguhnya (semua itu) terdapat tanda-tanda (Keesaan dan Kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan”
Memang benar, bahwa keimanan kepada Allah Subhanahu wata’ala merupakan hal fitri pada diri manusia. Akan tetapi, Islam tidak membiarkan keimanan itu muncul hanya dari hati saja tanpa menggunakan akal. Karena apabila itu terjadi akan mudah sekali terjerumus kepada hal-hal yang menyesatkan. Ketika seseorang mengandalkan perasaan hatinya dalam beriman, maka akan muncul suatu sikap untuk menghayalkan wujud Rabb dalam bentuk materi, memikirkan tentang bentuk Rabb, bahkan sampai-sampai beberapa waktu yang lalu ada suatu ajaran yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan ampunan dari Allah dan dijamin masuk Syurga cukup dengan membayar uang Rp 500 Juta rupiah yang bisa ditransfer melalui rekening X ke no rekening xxxxx. Na’udzhubillah ... Para sahabat/sahabiyah saja yang sudah dijamin masuk syurga membayar nyawanya dengan berperang dijalan Allah, koq kita bisa2nya berfikir uang Rp 500 juta bisa tebus semua kesalahan?? Meskipun para pejuang agama Allah tidak mengharapkan syurgaNya melainkan keridhaanNya.
Maka berpikirlah tentang penciptaan langit dan bumi !! jangan jadikan hati atau perasaan sajja sebagai tolak ukur keimanan, akan tetapi gunakanlah akal. Ratusan ayat yang Allah sebutkan dalam Al-Qur’an untuk mengajak manusia berpikir. Jadi kita tidak hanya disebut sebagai Islam KTP atau Islam Nenek Moyang, namun Islam yang benar-benar muncul dari buah pemikiran yang cemerlang, insya allah ...
3.  Keterbatasan Akal Manusia
Berbicara tentang keterbatasan, akal manusia juga memiliki keterbatasan lho ... walaupun Allah menyuruh kita untuk menggunakan akal dalam hal keimanan, namun kenyataannya akal juga terbatas kemampuannya. Terbatas dalam hal apa? Sama halnya dengan anggota tubuh yang lain, ada hal-hal yang mampu dijangkau oleh akal, ada juga yang tidak. Ketidakmampuan tersebutlah yang menunjukkan bahwa akal juga terbatas. Akal tidak mungkin menjangkau aspa yang ada diluar batas kemampuan indera dan akalnya. Terbatas pula kekuatannya sekalipun meningkat dan bertambah sampai batas yang tidak dilampauinya; terbatas juga jangkauannya. Maka hal ini menunjukkan bahwa akal tidak mampu memahamai Zat Allah dan hakekatNya. Sebab Allah berada diluar dari ketiga unsur utama tadi (Alam semesta, hidup, dan manusia).
Membahas hal ini salah seorang teman saya pernah berucap, “katanya yakin akan adanya Allah, tapi koq ga bisa memahami Zat Allah? Bagaimana bisa dekat dengan Allah, kalau kita sendiri ga kenal gimana Allah?”. Tentu bukan itu yang seharusnya menjadi sebuah pertanyaan penting, karena pada hakekatnya iman itu percaya pada wujud Allah SWT, sedangkan wujudNya dapat diketahui melalui makhluk-makhlukNya, alam semesta dan hidup ini. Karena ketiga unsur tadi mampu dijangkau oleh akal. Seyogyanya dengan memahami ketiga unsur ini, maka kita dapat memahami adanya sang Pencipta, Allah SWT. Bagaimanapun kita memaksa untuk memahami sesuatu hal diluar jangkauan kita, maka akan mustahil bagi kita untuk dapat mencapainya. (wong panggilan telepon ajja kalo operator bilang nomor yang Anda tuju diluar jangkauan, kita ga bisa berbuat apa2, selain putuskan komunikasi, tuut tuut tuut,,, ya kan?? Hehehe).
Mata kita, punya keterbatasan. Artinay hanya mampu melihat hal-hal dalam batas jangkauan saja. Seandainya mata kita kemampuannya tidak terbatas, kita ga perlu ke Australia hanya untuk melihat Kanguru, ga perlu ke Jakarta untuk liat gimana emas aslinya Monas. :D cukup diliat dari kamar ajja langsung nampak. :P
Padahal tidak demikian kan? Untuk melihat sesuatu dibalik tembok saja kita tidak mampu sebelum kita lewati tembok itu, apalagi harus menembus pandangan keluar dari jangkauan, jauhh..... jauh sekali !! Hal yang mustahil pastinya. Oleh karenanya, akalpun demikian. Apabila iman kita kepada Allah SWT telah dicapai melalui proses berfikir, maka kesadaran kita terhadap adanya Allah menjadi sempurna. Begitu pula jika perasaan hati kita mengisyaratkan adanya Allah, lalu dikaitkan dengan akal, tentu perasaan tersebut akan mencapai tingkat yang meyakinkan. Bahkan hal itu akan memberikan suatu pemahaman yang sempurna serta perasaan yang meyakinkan terhadap sifat-sifat ketuhanan. Dengan sendirinya, cara tersebut akan meyakinkan kita bahwa manusia tidak sanggup memahami hakekat Zat Allah. Sebaliknya justru akan memperkuat iman kita kepada Allah. Disamping keyakinan ini, kita wajib berserah diri terhadap semua yang dikabarkan Allah SWT tentang hal-hal tidak sanggup dicerna atau yang tidak dicapai oleh akal. Ini disebabkan lemahnya akal manusia yang memiliki ukuran-ukuran nisbi yang serba terbatas kemampuannya, untuk memahami apa-apa yang ada diluar jangkauannya.
4.  Mengapa harus Rasul ??
Ada tiga gharizah (naluri) pada diri manusia, yakni ::
a.      Gharizah (naluri) Baqa yakni naluri untuk mempertahankan diri. Misalnya marah, benci, sakit hati, kesal, dll.
b.      Gharizah (naluri) Tadayyun yakni naluri untuk mensucikan sesuatun (naluri agama)
c.       Gharizah (naluri) Nau’ yakni naluri untuk melangsungkan keturunan seperti jatuh cinta.
Nah, naluri Tadayyun ini yang menunjukkan bahwa kebutuhan beragama adalah sesuatu hal yang lumrah dan fitri pada diri manusia. Dalam fitrahnya manusia senantiasa mensucikan PenciptaNya. “makanya jangan heran kalo orang yang lagi penat pikirannya ketika shalat hatinya teduh, damai, dan nyaman”.
Seperti yang uda dibahas sebelumnya, bahwa dunia diciptakan bersamaan dengan aturan-aturannya. Bayangkan, jika Allah menciptakan dunia tanpa aturan, pasti berantakan hidup ini. Semua orang seenaknya !! Ga ada yang namanya Undang-undang, sanksi, denda, dan hukuman. Toh, semua orang sesuka hatinya !! loe yaa loe .. gue yaa gue .. !! :D
Namun pada kenyataannya kan tidak. Hidup ini teratur dengan adanya peraturan. Semua tersusun rapi dan sesuai tempatnya. Ga berantakan kayak kapal pecah. Hanya saja dengan keterbatasan yang kita miliki, Allah menurunkan aturan-aturanNya yang harus dijalankan tidak secara langsung. Kenapa? aa .. kembali lagi. Karena keterbatasan manusia. Selain itu, aturan dikehidupan ini  tidak bisa berasal dari manusia. Kenapa? Yaa secara... Manusia banyak maunya. Si A maunya ini, si B maunya itu, belum lagii si C, D, E,  F,  dst .. kapan selesaii??? Inilah mengapa aturan itu dari Allah sehingga semuanya sesuai dengan kebutuhan. Dan pada kenyataannya Allah tidak pernah salah dalam menerapkan suatu hukum. Akibat dari aturan ini harus diketahui oleh manusia, maka tidak boleh tidak ada RASUL. Karena pada Rasul-lah yang menyampaikan agama Allah alias perantara.
Bukti lain bahwa manusia perlu Rasul adalah dalam hal pemenuhan Gharizah. Setiap manusia mempunyai kebutuhan yang sama hanya saja cara pemenuhannya yang berbeda. Sehingga dengan perbedaan ini akan timbul suatu perselisihan, pedebatan, pertengkaran, dan permusuhan. Allah juga mengatur hal tersebut yang kemudian disampaikan melalui RasulNya. Jika untuk hal pemenuhan kebutuhan ini tidak dibuat aturan maka manusia akan mudah menjurus ke hal yang menyimpang. Misalnya, ketika Gharizah Baqa’ menguasai diri, marah luar biasa, jika tidak ada aturan, maka orang akan seenaknya menghajar orang lain, memukul bahkan bisa sampai pada membunuh. Walaupun ada sebagian manusia yang melakukan hal tersebut. Mengapa Rasul yang menjadi pilihan Allah ??
Rasul juga manusia. Artinya setiap kebutuhan Rasul sama dengan manusia. Mengapa Rasulullah dijadikan sebagai panutan? Karena setiap kebenaran itu ada pada diri Beliau. Beliau seorang yang terjaga, terpercaya, bahkan manusia terbaik. Apabila yang menyampaikan aturan ini adalah Malaikat, apa yang akan terjadi? Malaikat tidak memiliki hawa nafsu, tidak makan dan tidak minum, tidak menikah, dll. Bagaimana aturan tersebut tersampaikan sedangkan kebutuhannya berbeda. Bagaimana kalau yang menyampaikan aturan tersebut adalah Syeithan, huft .. kacau balau semuanya yaa ?? inilah wujud bahwa manusia butuh seorang Rasul sebagai perantara antara Hamba dan TuhanNya.
Bersyukurlah .. Karena mereka adalah orang-orang pilihan. Saat ini menjadi panutan. Kelak kita butuh syafaat atau pertolongannya. Bersyukurlah !! masuk ke dalam golongan orang muslim, karena kelak kita akan berkumpul bersama-sama didalam syurgaNya ...

Minggu, 25 Desember 2011

Perkembangan komputer saat ini dan prediksi pada masa depan


BAB I
PENDAHULUAN
1.     Latar Belakang Masalah
Kebanyakan orang mengenal sejarah komputer yang pertama kali dibuat adalah ENIAC. Komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2.4 m dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Padahal komputer digital pertama sebenarnya adalah ABC (Atanasoff-Berry Computer). Namun ketenarannya menjadi pudar setelah “diserobot” ENIAC. Bagaimana asal mulanya?
1.      Belajar untuk mengatur tekhnologi informasi.
 suatu pekerjaan mendesak dalam mengatur tekhnologi pada saat ini adalah memutuskan arsitektur organisasi untuk pengolahan informasi. Dalam bab ini kita akan membahas jenis-jenis komputer yang tersedia pada saat ini dan menyajikan evaluasi sejarah dari komputer. anda sudah terbiasa bekerja dalam suatu organisasi yang telah menggunakan komputer untuk waktu yang lama; perusaan arsitektur perangkat keras (hardware) mungkin meliputi beberapa komputer yang lebih tua. Mengatur seluruh persediaan komputer membutuhkan pemahaman jenis-jenis mesin yang berbeda, dalam cara yang telah mereka gunakan dan tren tekhnologi yang secara konstan mendorong evolusi dari organisasa strategi perangkat keras.

2. Persiapan untuk ambil bagian dalam sistem analisa dan rancangan
Meskipun terkadang kita mendapat tekanan rancangan logika dari sistem tidak terikat pada komputer dimana computer tersebut akan digunakan, dalam beberapa hal perancang harus menghadapi tekhnologi komputer. Sebuah sistem rancangan besar, komputer multi guna akan memiliki ciri-ciri karakter dari suatu pengguna PC. Akhir dari bab ini juga memberikan suatu ikhtisar dari beberapa alat output atau input yang tersedia. Aktivitas-aktivitas ini menolong memberikan definisi yang menghubungkan pengguna dengan sistem, yang merupakan hal penting untuk kesuksesan tersebut.

3. Merubah organisasi
Telah menghabiskan bertahun-tahun untuk membuat komputer dan komunikasi yang dapat merubah perusahaan dan industri. Perusahaan yang telah merubah dirinya sendiri tahu bagaimana mengatur serangkaian perbedaan dari komputer dan alat-alat lainnya; mereka berhasil dalam merespon tren dari tekhnologi dan perubahan yang berkelanjutan dalam perbandingan biaya/tampilan dari perbedaan jenis komputer.
2.      Tujuan penulisan Makalah
Tujuan Penulis membuat makalah ini adalah untuk :
1.      Sebagai bahan penambah Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM)
2.      Sebagai tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) dari dosen bersangkutan
3.      Sebagai penambah wawasan mengenai perkembangan computer di era globasisasi ini.

3.      Metode Penulisan Makalah
Adapun metode yang penulis ambil untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) ini adalah dengan mencari bahan di internet dari berbagai sumber yang tersedia.
4.      Rumusan Masalah
1.      Sejarah Perkembagan Komputer saat ini
2.      Sejarah dan perkembangan teknologi Komputer Tablet
3.      Sejarah dan perkembangan Internet



BAB II
PEMBAHASAN
A.   Sejarah perkembangan komputer saat ini
Komputer memang sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini , untuk manajemen waktu , mengurus daftar pegawai dan menjadi mesin kasir yang sangat efektif , sejarah perkembagan komputer dari tahun ke tahun sudah semakin maju, coba lihat sejarahnya di bawah ini.
Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Saat ini
komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan
pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar
perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket
yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan
panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan
berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba
sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2.  Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual
3.  Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara
otomatis oleh motor elektronik
4.  Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
1.      Abacus

http://3.bp.blogspot.com/_808o6jFhRb4/SW95_ts3EfI/AAAAAAAAAMU/TW8uxdLCXMA/s200/abacus-1-AJHD.jpg
           Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini
memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan bijibijian
geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan
abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil
dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
2.      . Kalkulator roda numerik ( numerical wheel calculator )
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada
tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel
calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
http://2.bp.blogspot.com/_808o6jFhRb4/SW97BN1cL5I/AAAAAAAAAMc/_oBZTq9sZyc/s200/Pascaline-calculator.jpg
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda
putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah
hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
3.      Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar
yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4.      Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tibatiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.
1.      Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses
dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu
beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer.
Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di
kawasan sekitarnya.
Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa komputer generasi pertama :
a.      ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
http://2.bp.blogspot.com/_808o6jFhRb4/SW99rC1MuAI/AAAAAAAAAMk/P8e3Hyckr54/s200/eniac_3.full.jpg
dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep
penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von
Neuman.
b. EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
http://3.bp.blogspot.com/_808o6jFhRb4/SW9-3aQw-nI/AAAAAAAAAMs/etKnCmONt-k/s200/avidac.gif
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

c. EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator )
http://2.bp.blogspot.com/_808o6jFhRb4/SW9_3bOLSnI/AAAAAAAAAM0/wrzjtjwuBXU/s200/EDSAC_top_front2.jpg
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan
raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
d. UNIVAC 1 Computer

http://3.bp.blogspot.com/_808o6jFhRb4/SW-CO40qjqI/AAAAAAAAANE/uHxrn1pbMvk/s200/univac.jpgPada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal
Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data
perdagangan.
2. Komputer generasi kedua ( 1959 -1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Mesin tersebut sangat Mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, sistem operasi, dan program.

http://2.bp.blogspot.com/_808o6jFhRb4/SW-Fv4WJKSI/AAAAAAAAANM/OfXRfUDBoO8/s200/dec-pdp-8.gif
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3. Komputer generasi ketiga ( 1964 – awal 80an )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4.      Komputer generasi keempat ( awal 80an – ??? )
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
http://3.bp.blogspot.com/_808o6jFhRb4/SW-GrCMJ63I/AAAAAAAAANU/osoqV86eyQg/s200/image004.jpg
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang
berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran
komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC
dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya,
IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah
mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga
seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi
dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk
menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan
besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit
komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputerkomputer
ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang
mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu
adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game
seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC)
untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak
dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun
kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran
yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi
komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang
dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar
komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada
komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.
Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial
dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara
baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya
suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara
bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi,
dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer
jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat
berkembang menjadi sangat besar.
5.      Komputer generasi kelima ( masa depan )
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain
memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang
terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non
Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah
teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan
apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek
komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology)
juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek
ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

 

 

 

 


B.     Sejarah dan Perkembangan Teknologi Komputer Tablet iQuantcast

http://mediaanakindonesia.files.wordpress.com/2011/05/img01498-20110530-1209.jpg?w=255&h=211
Komputer tablet adalah suatu komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri pembeda utamanya adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan dengan menggunakan stilus, pena digital, atau ujung jari, alih-alih menggunakan papan ketik atau tetikus. Microsoft memperkenalkan versi Windows XP untuk komputer tablet yang disebutnya Tablet PC pada tahun 2000, sedangkan Apple baru meluncurkan versi komputer tabletnya pada tahun 2010 dengan nama iPad. Pada tahun 2011 Samsung meluncurkan versi komputer tablet Galaxy Tab 8.9 dan 10.1(P7100)
Tablet PC adalah laptop  atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer. Istilah ini dipopulerkan oleh Microsoft pada tahun 2001, tetapi PC tablet sekarang mengacu pada setiap komputer pribadi yang berukuran tablet, pun jika tidak menggunakan Windows melainkan sistem operasi PC yang lain. Tablet dapat menggunakan papan ketik virtual dan pengenalan tulisan tangan untuk input teks melalui layar sentuh.
RAND Tablet ditemukan. RAND Tablet lebih dikenal daripada Styalator, namun diciptakan kemudian. Alan Kay dari Xerox PARC mengusulkan sebuah komputer notebook, dapat menggunakan input pena, yang disebut Dynabook: namun perangkat ini tidak pernah dibangun atau diimplementasikan dengan input pena.


Piranti lunak sistem
Setelah mengembangkan Windows for Pen Computing, Microsoft mengembangkan dukungan untuk tablet yang dapat menjalankan Windows dengan nama Tablet PC Microsoft. Menurut definisi Microsoft 2001, “Microsoft Tablet PC” berbasis pena dan merupakan PC x86 yang memiliki fungsi tulisan tangan dan pengenalan suara. Tablet PC menggunakan piranti keras yang sama seperti laptop biasa tetapi menambahkan dukungan untuk input pena. Untuk dukungan khusus bagi input pena, Microsoft merilis Windows XP Tablet PC Edition. Saat ini tidak ada versi khusus Windows Tablet namun dukungan dibangun untuk kedua versi Home dan Business Windows Vista dan Windows 7. Tablet yang menjalankan Windows mendapatkan fungsi tambahan menggunakan layar sentuh untuk masukan mouse, pengenalan tulisan tangan, dan dukungan gesture. Setelah Tablet PC, Microsoft mengumumkan inisiatif UMPC pada tahun 2006 yang membawa tablet Windows ke faktor dengan bentuk yang lebih kecil dan berpusat pada sentuhan. Ini diluncurkan kembali pada tahun 2010 sebagai Slate PC, untuk mempromosikan tablet yang menjalankan Windows 7, menjelang peluncuran iPad Apple. Slate PC diharapkan dapat memperoleh manfaat dari kemajuan perangkat mobile yang berasal dari keberhasilan netbook.
Sementara banyak produsen tablet pindah ke arsitektur ARM dengan sistem operasi ringan, Microsoft tetap pada Windows. Meskipun Microsoft memiliki Windows CE untuk dukungan ARM ia telah menjaga target pasarnya untuk industri smartphone dengan Windows Mobile dan Windows baru berbasis Windows CE 6, Windows Phone 7. Beberapa produsen, bagaimanapun, tetap menunjukkan prototipe tablet berbasis Windows CE yang menjalankan kerangka biasa.
Dengan suksesi Windows Vista, fungsi Tablet PC tidak memerlukan lagi edisi yang terpisah. Dukungan Tablet PC dibangun ke semua edisi Windows Vista dengan pengecualian Home Basic dan edisi Starter. Hal ini memperluas pengenalan tulisan tangan, koleksi tinta, dan metode input tambahan untuk setiap komputer yang menjalankan Vista bahkan jika perangkat input adalah digitizer eksternal, layar sentuh, atau bahkan mouse biasa. Vista juga mendukung fungsi multi-sentuh dan gerak tubuh (awalnya dikembangkan untuk versi Microsoft Surface untuk Vista) dan sekarang digunakan oleh publik dengan merilis tablet multi-sentuh. Windows Vista juga secara signifikan meningkatkan fungsi pengenalan tulisan tangan dengan pengenalan personalisasi alat pengenalan tulisan tangan selayaknya alat belajar tulisan tangan otomatis.
Fungsionalitas tablet tersedia di semua edisi Windows 7 kecuali edisi Starter. Ini memperkenalkan Matematika baru Input Panel yang mengenali ekspresi dan formula matematika tulisan tangan, serta terintegrasi dengan program lain. Windows 7 juga secara signifikan meningkatkan input pena dan handwriting recognition dengan menjadi lebih cepat, lebih akurat, dan mendukung lebih banyak bahasa, termasuk sistem penulisan Asia Timur. Kamus kustom yang dipersonalisasi membantu melalui kosakata khusus (seperti istilah medis dan teknis), dan prediksi teks mempercepat proses input untuk membuat kegiatan mencatat lebih cepat. Teknologi multi-sentuh juga tersedia pada beberapa PC tablet, memungkinkan interaksi yang lebih maju dengan menggunakan isyarat sentuhan dengan jari-jari Anda seperti menggunakan mouse. Masalah mungkin timbul dengan fungsi tablet dari OS.
Windows 7 yang memiliki kemampuan sentuhan dibangun dengan teknologi Microsoft Surface. Ini adalah sentuhan-sentris gerakan dan UI peningkatan yang bekerja dengan sebagian besar komputer sentuhan saat ini. Di antara tablet PC pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 berdasarkan pada sistem operasi Windows 7 adalah bModo12 dari bModo dan Samsung Galaxy.Windows memiliki sejarah teknologi tablet termasuk Windows XP Tablet PC Edition. Tablet PC Edition merupakan superset dari Windows XP Professional, fungsionalitas tablet perbedaan ini, termasuk input teks alternatif (Tablet PC Input Panel) dan driver dasar untuk mendukung piranti keras tablet PC tertentu. Persyaratan untuk menginstal Tablet PC Edition termasuk digitizer tablet atau perangkat touchscreen, dan tombol kontrol piranti keras termasuk tombol pintas Ctrl-Alt-Delete, tombol bergulir, dan setidaknya satu tombol aplikasi pengguna-dikonfigurasi.

Linux

Salah satu implementasi awal dari tablet Linux adalah ProGear oleh FrontPath. ProGear menggunakan chip Transmeta dan digitizer resistif. ProGear awalnya datang dengan versi Slackware Linux, tetapi kemudian bisa dibeli dengan Windows 98. Karena komputer tujuannya adalah IBM PC yang kompatibel, Windows 98 dapat menjalankan banyak sistem operasi yang berbeda. Namun, perangkat ini tidak lagi Dijual FrontPath telah menghentikan operasi. Penting untuk dicatat bahwa layar sentuh banyak sub-notebook komputer dapat menjalankan beberapa distribusi Linux dengan sedikit kustomisasi. X.org sekarang mendukung rotasi layar dan input melalui driver Wacom tablet, dan perangkat lunak pengenalan tulisan tangan baik dari Qtopia berbasis Qt dan GTK +-berbasis Internet Tablet OS menyediakan sistem yang menjanjikan bebas dan sumber terbuka untuk pengembangan di masa mendatang. Open source mencatat software di Linux termasuk aplikasi seperti Xournal (yang mendukung penjelasan file PDF), Gournal (catatan mengambil aplikasi berbasis Gnome), dan Jarnal berbasis Java (yang mendukung pengenalan tulisan tangan sebagai fungsi bawaan). Sebelum kedatangan perangkat lunak tersebut, banyak pengguna harus bergantung pada papan ketik pada layar dan metode input teks alternatif seperti Dasher. Ada program pengenalan tulisan tangan berdiri sendiri yang tersedia, CellWriter, yang mengharuskan pengguna untuk menulis surat secara terpisah dalam kotak. Sejumlah proyek Linux OS berbasis berdedikasi untuk tablet PC. Karena semua ini adalah open source, mereka tersedia secara bebas dan dapat dijalankan atau porting ke perangkat yang sesuai dengan desain tablet PC. Maemo (berubah menjadi MeeGo di tahun 2010), sebuah Debian Linux lingkungan pengguna berbasis grafik, dikembangkan untuk perangkat Nokia Internet Tablet (770, N800, N810 & N900). Hal ini sedang dalam generasi 5 (5G), dan memiliki susunan yang luas dari aplikasi yang tersedia di kedua repositori resmi dan didukung pengguna. Netbook Ubuntu edisi Remix, serta proyek yang disponsori Intel Moblin, keduanya memiliki dukungan layar sentuh diintegrasikan ke antarmuka pengguna mereka. Canonical telah mengisyaratkan tablet mendukung lebih baik dengan UI terpadu untuk Ubuntu 10.10. TabletKiosk saat ini menawarkan digitizer hibrida/perangkat sentuh menjalankan openSUSE Linux. Ini adalah perangkat pertama dengan fitur ini untuk mendukung Linux.
Tren ukuran layar
Seperti komputer portabel lain, ukuran yang lebih besar membawa kegunaan menjadi lebih mudah namun portabilitas yang lebih rendah dan kebutuhan tenaga yang lebih tinggi. Untuk komputer tablet saat ini, (bukan tablet PC) ukuran umum adalah 10 “(Digunakan oleh iPad) atau 7″ (Digunakan oleh banyak tablet Android). Banyak pembuat tablet PC memiliki standar pada format layar lebar 12″, dengan resolusi 1280×800 piksel. T5010 Fujitsu memiliki display lebih besar, 13,3″, tapi masih berjalan pada resolusi 1280×800 pixel.
Sejarah tablet PC
Daftar berikut merupakan beberapa pokok penting sejarah tablet PC:
·  1888: US Paten diberikan kepada Elisa Gray pada perangkat stylus listrik untuk menangkap tulisan tangan.
·  1915: US Patent pada antarmuka pengguna pengenalan tulisan tangan dengan stylus.
·  1942: US Patent di layar sentuh untuk masukan tulisan tangan.
·  1945: Vannevar Bush mengusulkan Memek, data pengarsipan perangkat termasuk input tulisan tangan, dalam esai As We May Think
·  1950: Tom Dimond menunjukkan tablet Styalator elektronik dengan pena untuk input komputer dan perangkat lunak untuk pengenalan tulisan tangan teks secara real-time.
·  1966: Dalam serial televisi fiksi ilmiah Star Trek, awak kapal membawa, papan penjepit elektronik besar berbentuk baji, dioperasikan melalui penggunaan stylus.
·  1982: Pencept dari Waltham, Massachusetts memasarkan terminal komputer untuk tujuan yang umum (general-purpose) menggunakan tablet dan pengenalan tulisan tangan, bukan papan ketik dan mouse. Sistem Cadre memasarkan terminal point-of-sale Inforite yang menggunakan pengenalan tulisan tangan dan sebuah tablet dan pena elektronik kecil.
·  1985: Pencept dan CIC sama-sama menawarkan komputer PC untuk pasar konsumen menggunakan tablet dan pengenalan tulisan tangan, bukan keyboard dan mouse. Sistem operasi adalah MS-DOS.
·  1989: Komputer portabel komersial pertama yang tersedia dalam tipe tablet adalah GRiDPad dari GRID Systems dirilis pada bulan September. The GridPad diproduksi oleh Samsung, dimodifikasi dari PenMaster Samsung yang tidak pernah berhasil mencapai distribusi komersial. Sistem operasinya didasarkan pada MS-DOS. Wang Laboratories memperkenalkan Freestyle. Freestyle adalah sebuah aplikasi yang akan melakukan screen capture dari aplikasi MS-DOS, dan membiarkan pengguna menambahkan penjelasan suara dan tulisan tangan. Freestyle adalah pendahulu canggih yang kemudian dicatat sebagai aplikasi untuk sistem seperti PC Tablet. Sistem operasinya adalah MS-DOS Dalam kemitraan dengan Fujitsu, Poqet Computer Corporation mengumumkan kedatangan PC Poqet.
·  1991: Pentop momentum ini dirilis. GO Corporation mengumumkan sistem operasi khusus, yang disebut PenPoint OS, menampilkan kontrol dari desktop sistem operasi melalui isyarat bentuk tulisan tangan. NCR merilis komputer pena model 3125 yang menjalankan MS-DOS, OS atau Pen Penpoint Windows. Apple Newton memasuki perkembangannya, walaupun akhirnya menjadi sebuah PDA, konsep aslinya mirip piranti keras dari sebuah PC Tablet.
·  1992: GO Corporation mengirimkan OS PenPoint untuk ketersediaan yang umum dan IBM mengumumkan komputer pena IBM 2125 (model IBM pertama bernama “ThinkPad”) pada bulan April. Microsoft merilis Windows for Pen Computing sebagai respon untuk OS PenPoint oleh GO Corporation.
·  1993: Fujitsu merilis PC tablet Poqet pena pertama yang menggunakan LAN nirkabel terintegrasi. Apple Computer mengumumkan Newton PDA, juga dikenal sebagai MessagePad Apple, yang meliputi pengenalan tulisan tangan dengan stylus. IBM merilis ThinkPad, komputer portabel tablet komersial pertama dari IBM yang tersedia untuk pasar konsumen. AT & T memperkenalkan EO Personal Communicator menggabungkan PenPoint dengan komunikasi nirkabel. BellSouth merilis IBM Simon Personal Communicator, sebuah ponsel analog menggunakan tampilan dan layar sentuh. Ponsel ini tidak mendukung fitur pengenalan tulisan tangan, tapi pengguna dapat menulis pesan dan mengirimnya sebagai faks pada jaringan ponsel analog, termasuk fitur PDA dan Email.
·  1999: “QBE” pena komputer diciptakan oleh Aqcess Technologies memenangkan Best Show COMDEX.
·  2000: PaceBlade mengembangkan perangkat pertama yang memenuhi standar Microsoft Tablet PC dan menerima penghargaan piranti keras terbaik di VAR Visi 2000. Pena komputer “QBE Vivo” yang dibuat oleh Aqcess Technology mendapatkan Best of Show COMDEX.
·  2001: Bill Gates dari Microsoft menunjukkan prototipe publik pertama dari sebuah PC Tablet (didefinisikan oleh Microsoft sebagai pena-komputer memungkinkan sesuai dengan spesifikasi piranti keras yang dibuat oleh Microsoft dan menjalankan salinan lisensi dari sistem operasi “Windows XP Tablet PC Edition”) di COMDEX.
·  2003: PaceBlade menerima penghargaan “Innovation des Jahres 2002/2003″ untuk PC Tablet PaceBook dari PC Magazine Professionell di Cebit Fingerworks mengembangkan teknologi sentuhan dan gerakan sentuhan yang kemudian digunakan di iPhone Apple.
·  2006: Samsung memperkenalkan Samsung Q1 UMPC. Windows Vista dirilis untuk ketersediaan umum. Vista termasuk fungsi Tablet PC edisi khusus dari Windows XP. Di Disney Channel Original Movie, Read It and Weep, Jamie menggunakan Tablet PC untuk jurnalnya.
·  2007: Axiotron memperkenalkan Modbook, komputer (dan hanya) tablet pertama berdasarkan piranti keras Mac dan Mac OS X di Macworld.
·  2008: Pada bulan April 2008, sebagai bagian dari kasus pengadilan federal yang lebih besar, fitur gerak tubuh sistem operasi dan piranti keras Windows/Tablet PC ditemukan melanggar paten oleh GO Corp tentang user interface untuk sistem operasi komputer pena. Akuisisi teknologi Microsoft adalah subyek dari tuntutan hukum yang terpisah. HP merilis tablet Multi-Touch kedua: HP TouchSmart seri tx2.
·  2009: Asus mengumumkan sebuah netbook tablet, EEE PC T91 dan T91MT, yang terakhir yang dilengkapi dengan layar multi-sentuh. Always Innovating mengumumkan netbook tablet baru dengan CPU ARM. Motion Computing meluncurkan J3400.
·  2010: MobileDemand meluncurkan T7000 xTablet Rugged Tablet PC yang menjalankan OS Windows dan fitur lengkap meliputi papan ketik numerik yang terintegrasi, barcode scanner, credit card reader, dll Apple memperkenalkan iPad, menjalankan Apple iOS. Sistem Quaduro memperkenalkan 10 “QuadPad 3G Plus, 900 gram Microsoft Windows berbasis 3G tablet PC dengan 8 jam masa pakai baterai. Samsung memperkenalkan Galaxy Tab, menjalankan Google Android. bModo meluncurkan bModo12 yang menjalankan Windows 7 OS dan fitur termasuk TFT-LCD 11,6″, 3G, Wi-Fi, GPS, Bluetooth ® 2.1, USB 2.0, slot SDHC, slot kartu SIM yang tidak terkunci, konektor miniHDMI, OMTP Jack, webcam, mic, dll Neofonie melepaskan WeTab, tablet PC untuk menulis berbasis MeeGo, menampilkan layar multi-sentuh 11,6 inci pada resolusi 1366 × 768 piksel. Dixons Retail plc memperkenalkan Vega Advent, tablet PC 10″ yang menjalankan Android 2.2, memiliki chipset Tegra NVIDIA 1 GHz, RAM dan ROM 512 Mb, kamera 1,3 MP, WiFi dengan konektivitas b/g, Bluetooth 2.1, slot kartu micro SD , USB port dan daya tahan baterai hingga 16 jam untuk pemutaran audio dan 6,5 jam untuk video 1080p. Dell Inspiron mengumumkan Netbook flip Duo Layar dan Tablet PC hibrida HP merilis Slate 500, yang menjalankan versi penuh Windows 7
·  2011: Motorola mengumumkan Xoom Tablet, tablet 10 inci yang didukung oleh versi Android 3.0 yang akan datang, yaitu Honeycomb Asus EEE mengumumkan memo pad (tablet 7 inci), EEE Slate EP121 (tablet Windows 7), EEE Pad Transformer (tablet 10 inch dengan Android) dan EEE Pad Slider (tablet 10 inch dengan layar geser atas, keyboard QWERTY) [semua tablet menggunakan tampilan IPS] Dell menampilkan yang tablet Streak 7 dan mengatakan itu bekerja pada Streak 10 inci 10 Apple mengumumkan 2 iPad

C.    Perkembangan Internet

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.
perkembangan internet Perkembangan Internet
Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).
Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.
Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.
Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
1.      Abacus
2.      Kalkulator roda numerik ( numerical wheel calculator )
3.      Kalkulator roda numerik 2
4.      Kalkulator Mekanik
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.
1.      Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
2.      Komputer generasi kedua ( 1959 -1964 )
3.      Komputer generasi ketiga ( 1964 – awal 80an )
4.      Komputer generasi keempat ( awal 80an – ??? )
5.      Komputer generasi kelima ( masa depan )
Komputer tablet adalah suatu komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri pembeda utamanya adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan dengan menggunakan stilus, pena digital, atau ujung jari, alih-alih menggunakan papan ketik atau tetikus. Tablet PC adalah laptop  atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh.























DAFTAR PUSTAKA

http://www.sejarah-internet.com/perkembangan-internet/